Mengenal Sejarah Tanaman Hidroponik

Sejarah Hidroponik memiliki perjalanan yang panjang, Mulai dari berbagai penelitian sampai akhirnya kini menjadi salah satu teknik yang digunakan banyak orang. Meski baru – baru ini di pilih menjadi teknik menanam pilihan oleh banyak orang. Hidroponik ternyata sudah ada dari zaman dahulu dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih dan maju.

Kali ini tanamanhidroponik akan membahas secara singkat tentang sejarah, jenis – jenis teknik hidroponik serta manfaat menanam tanaman menggunakan teknik ini.

Mengenal Sejarah Tanaman Hidroponik

Sejarah Hidroponik

Di yakini teknik ini sudah ada sejak dari 600 SM dan di kembangkan pertama kali oleh bangsa Babilonia. Mereka menggunakan teknik hidroponik dengan sistem tanaman gantung pada saat pemerintahan di bawah Raja Nebuchadnezzar.  yang lalu diterapkan oleh suku Aztek. Beberapa lainnya juga melakukan hal yang sama meski menggunakan teknik yang berbeda. Baru pada tahun 1600-an ada ahli botani yang bernama Jan Van Helmont yang melakukan penelitian tentang sistem tanaman hidroponik dan mengambil kesimpulan bahwa tanaman mendapat zat – zat penyusun dari air.

Setelah itu ada beberapa penelitian lagi yang mempelajari tentang bagaimana sistem Hidroponik dapat membuat tanaman tumbuh walaupun hanya dengan air saja, sampai pada akhirnya di tahun 1860 dan 1861 ada dua peneliti asal Jerman. Yaitu, Julius von Sachs dan Wilhelm Knop  yang sukses membuat media tanam hidroponik dari air tanpa menggunakan media tanah. Sehingga Knop mendapat julukan the Father of Water Culture. 

Hidroponik Di Indonesia

Hidroponik masuk di Indonesia di tahun 1970-an dan menjadi materi di perguruan tinggi, pada tahun tersebut ada praktisi pertanian di Cipanas Jawa Barat bernama Lin Hasim yang sudah menggunakan teknik ini untuk mengelola tanaman hias miliknya. Namun pengaplikasiannya berada di Singapura.

Teknik ini pertama kali di populerkan oleh Bob Sadino di Indonesia, Ia menjadi orang pertama yang mengaplikasikan teknik ini untuk perladangan sayur miliknya. Selain itu, Ia juga menerapkan sistem tanaman hidroponik untuk tanaman hias yang menghiasi rumahnya.

Lain dengan dulu, Hidroponik sekarang sudah menjadi salah satu teknik penanaman yang dapat menghasilkan banyak uang.

Setelah selesai mengulas sejarah singkat dari Hidroponik, ini dia jenis – jenis teknik yang ada di metode tanam satu ini.

 Jenis – Jenis Teknik Tanam Hidroponik

a. Teknik Sistem Sederhana/ Sumbu Wick

b. Teknik Sistem Irigasi / Pengairan

c. Teknik Hidroponik Pasang Surut

d. Teknik Sistem NFT ( Nutrient Film Technique )

e.  Teknik Sistem Apung

f. Teknik Aeroponik

Itulah sejarah singkat dan beberapa jenis teknik hidroponik. Hidroponik memiliki banyak manfaat yang kita rasakan, salah satunya adalah makanan kita menjadi lebih sehat dan bersih karena nutrisi sangat terjamin.