Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

Populer di seluruh dunia, wortel adalah sayuran akar yang renyah dan bergizi tinggi. Mereka umumnya diklaim menjaga mata Anda tetap sehat dan meningkatkan penglihatan malam. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya tentang asal usul ide ini dan apakah itu didukung oleh sains. Artikel ini memberi tahu Anda apakah wortel bermanfaat bagi mata Anda dan memberikan point lain untuk menjaga penglihatan Anda tetap sehat.

Wortel dan kesehatan mata

Sudah lama dipercaya bahwa makan wortel meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan Anda, terutama di malam hari. Meskipun ada kebenarannya, hubungan antara wortel dan penglihatan berasal dari sebuah mitos. Selama Perang Dunia II, pilot Angkatan Udara Kerajaan Inggris pertama kali mulai menggunakan radar untuk menargetkan dan menembak jatuh pesawat musuh.

Dalam upaya untuk merahasiakan teknologi baru ini, akurasi visual pilot – terutama di malam hari – dikaitkan dengan makan wortel.Hal ini menyebabkan kampanye propaganda lama yang mempromosikan wortel untuk penglihatan yang lebih baik. Hubungan antara makan wortel dan penglihatan malam yang lebih baik ini tetap ada sampai sekarang.

Namun, meskipun mereka bukan makanan mata ajaib yang mereka pasarkan selama Perang Dunia II, wortel memang mengandung senyawa tertentu yang baik untuk mata Anda.

Tinggi antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan mata

Wortel adalah sumber yang kaya akan beta karoten dan lutein, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan sel, penuaan, dan penyakit kronis, termasuk penyakit mata, ketika jumlahnya menjadi terlalu tinggi.

Beta karoten memberi banyak warna merah, oranye, dan kuning pada tanaman. Wortel oranye sangat tinggi beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi nutrition A. Kekurangan nutrition A dapat menyebabkan rabun senja, yang seringkali dapat disembuhkan dengan pemberian suplemen. nutrition A dibutuhkan untuk membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen peka cahaya berwarna ungu kemerahan di sel mata Anda yang membantu Anda melihat di malam hari.

Tubuh Anda menyerap dan menggunakan beta karoten lebih efisien saat Anda makan wortel matang daripada yang mentah. Selanjutnya, nutrition A dan prekursornya larut dalam lemak, jadi makan wortel dengan sumber lemak meningkatkan penyerapan.

Wortel kuning mengandung lutein paling banyak, yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi di mana penglihatan Anda secara bertahap kabur atau hilang. Pemeriksaan mata secara teratur juga merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi mata dan kesehatan Anda.