Manfaat Buah Jeruk

Jeruk: Nutrisi, Manfaat, Juz, Dan Lainnya

Bila Anda penggemar butir jeruk, Anda mungkin menikmati jeruk.

Citrus sinensis, atau jeruk manis, artinya jenis jeruk yg umumnya dinikmati orang segar serta dalam bentuk juz.

Pohon jeruk manis dari berasal China ribuan tahun yang kemudian dan kini tumbuh pada banyak daerah pada seluruh global, termasuk Amerika serikat, Meksiko, serta Spanyol (1Trusted Source, 2Trusted Source).

Jeruk adalah harta karun nutrisi serta senyawa tumbuhan pelindung, termasuk vitamin, mineral, serta antioksidan. Studi memberikan bahwa mengonsumsi jeruk secara teratur dapat berguna bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Artikel ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui perihal jeruk, termasuk nilai gizinya, potensi manfaat kesehatannya, dan banyak lagi.

Nutrisi

Berikut rincian nutrisi buat 1 jeruk (140 gram) :

  • Kalori: 66
  • Air: 86% berat
  • Protein: 1,3 gr
  • Karbohidrat: 14,8 gr
  • Gula: 12 gram
  • Serat: 2,8 gram
  • Lemak: 0,dua gr
  • Vitamin C: 92% asal Nilai Harian (DV)
  • Folat: 9% dari DV
  • Kalsium: lima% berasal DV
  • Kalium: 5% asal DV

Seperti kebanyakan buah-buahan, jeruk terutama terdiri berasal karbohidrat dan air, mengandung sangat sedikit protein dan lemak, dan relatif rendah kalori.

Jeruk adalah sumber serat yg baik. Satu jeruk (140 gram) mengemas lebih kurang 10% berasal DV (3Trusted Source).

Menerima cukup serat setiap hari sangat penting untuk kesehatan secara holistik dan membantu menjaga sistem pencernaan Anda permanen sehat menggunakan mendukung keteraturan dan mendorong bakteri usus menguntungkan Anda.

Tinggi Dalam Senyawa Tumbuhan Berguna

Jeruk adalah asal yg sangat baik dari banyak sekali senyawa tanaman bioaktif yg memiliki dampak anti-inflamasi dan antioksidan. Ini termasuk flavonoid, karotenoid, serta vitamin C

Flavonoid

Jeruk dikemas menggunakan senyawa fenolik – terutama flavonoid, yg berkontribusi pada sebagian akbar sifat antioksidannya.

Karotenoid

Seluruh buah jeruk kaya akan antioksidan karotenoid, yg bertanggung jawab atas warna oranye, merah, serta kuningnya yang kaya.

Vitamin C

Vitamin C ialah galat satu antioksidan yg paling terkenal serta banyak diteliti.

Manfaat jeruk untuk kesehatan

Dari temuan penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur, seperti jeruk, bisa berguna bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Membantu Menaikkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung ketika ini ialah penyebab kematian dini paling awam di dunia.

Diet Tinggi Buah Jeruk Dapat Melindungi Terhadap Penyakit Kronis

Selain melindungi kesehatan jantung, mengonsumsi jeruk dan buah jeruk lainnya secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan lainnya, termasuk jenis kanker dan diabetes eksklusif.