Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Teknik Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Teknik Hidroponik.


Hidroponik adalah salah satu teknik menanam dengan memanfaatkan media Air tanpa menggunakan tanah. ada berbagai macam Teknik dalam Metode satu ini, salah satunya Wick sistem atau sistem sumbu yang menjadi teknik paling sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Teknik Hidroponik

Banyak sekali kawula muda yang menanam tanaman sendiri demi mengejar gaya hidup yang lebih sehat.  Namun, sebelum itu kalian harus mengetahui Kelebihan dan Kekurangan menggunakan teknik ini.

Kelebihan Menggunakan Teknik Hidroponik

Penggunaan Lahan yang lebih efisien. Hal ini dikarenakan Media yang kita gunakan bisa apa saja, contohnya kita dapat menggunakan bahan yang ada di rumah seperti paralon dan botol bekas.  Selain itu, kita bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin dengan media lahan yang kecil.

Perawatan yang Mudah. Perawatan menggunakan Teknik satu ini cenderung lebih mudah dan tidak membuat kita menggunakan banyak tenaga.

Kualitas Produk dapat kita Kontrol dan Lebih bersih. hal ini di karenakan kita dapat mengukur sendiri kebutuhan nutrisi setiap tanaman yang kita tanam melalui resapan air yang ada.

Pengendalian Hama dan Penyakit Lebih Mudah. Hal ini dapat terjadi karena kita tidak menggunakan media tanah, biasanya hama datang dari dalam tanah dan dapat merusak atau mungkin memakan tanaman kita.

Tidak Tergantung dengan cuaca atau faktor alam Lainnya. Teknik satu ini tidak terpatok dengan keadaan cuaca karena kita dapat membudidayakannya dari dalam rumah atau bahkan mungkin kost kita, loh! sehingga banjir atau kekeringan tidak mempengaruhi laju perkembangan tanaman kita.

Harga Jual Produk lebih mahal. dikarenakan tanaman yang dihasilkan lebih steril dan terjamin kualitasnya, menjadikan hasil produk menggunakan teknik ini menjadi lebih mahal dari cara konvensional dan kalian dapat meraup untung yang lebih banyak.

Kekurangan Menggunakan Teknik Hidroponik

Membutuhkan Modal yang cukup Besar. Jika kalian memutuskan untuk menanam menggunakan teknik ini dengan jumlah yang lumayan besar, maka kalian juga akan merogoh kocek yang lebih dalam untuk modal awal untuk membeli pupuk dan booster tanaman kita.

Memiliki keahlian yang khusus untuk meramu Nutrisi. Apabila kita tidak mempunyai keterampilan untuk meramu nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan jenis tanaman.

Perawatan Peralatan Yang Cukup Sulit. Metode ini termasuk baru di Indonesia, sehingga belum banyak toko yang menjual alat perawatan untuk perangkat hidroponik kita. 

 

Tentunya setiap metode mempunyai Kelebihan dan Kekurangannya masing – masing. Namun, metode ini dirasa sangat cocok untuk anda yang ingin bertanam tetapi tidak memiliki lahan yang luas.