Inilah Pilihan Tanaman Hidroponik Rumahan!

Istilah hidroponik mungkin tidak asing di telinga kalian, Karena sudah banyak kalangan yang suka dengan hidroponik ini. Bahkan mungkin kamu sendiri tengah menjalanin kegiatan bertanam dengan sistem ini. Ya meski nggak terlalu menguasai ilmu bertani dan memiliki ruang luas untuk berkebun, kamu tetap bisa mempraktikkannya loh.

Hidroponik ini adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Jika sistem akar tanaman terpapar langsung dalam air dan nutrisi, tanaman tidak perlu mengeluarkan energi apa pun untuk menopang dirinya sendiri. Nah, kamu dapat menanam berbagai tanaman dalam sistem hidroponik, seperti sayuran hijau, tanaman merambat, tanaman umbi-umbian, buah-buahan, herbal, dan juga bunga.

Namun, bagi pemula yang ingin menikmati panen secara cepat serta mudah dalam menanamnya, bisa memulai dengan menanam jenis sayuran. Tanamanhidroponik sayuran ini juga bisa jadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Sebab masa panennya tak terlalu lama.

Berikut 7 tanaman hidroponik rumahan yang mudah ditanam dan cocok untuk bisnis.

Tanaman Hidroponik Kailan

Apakah kalian sudah pernah mendengar nama sayur kailan? Di restoran-restoran, kailan yang masih kecil kerap di adikan masakan andalan. Rasanya enak sebab memiliki tekstur yang renyah dan juga lembut di saat bersamaan.

Kailan pun ternyata dapat di budidayakan sebagai tanaman hidroponik.Media tanam yang dapat di gunakan pun bisa apa saja.Misalnya botol bekas, gelas air mineral, atau pun pipa paralon berukuran besar.

Selada

Baik selada dan sebagian besar sayuran berdaun hijau lainnya harus menjadi tanaman pertama bagi Kalian yang baru mencoba sistem hidroponik.Tanaman ini memiliki sistem perakaran dangkal yang sesuai dengan tinggi pendek di atas tanah.

Itu berarti tidak perlu mengikat atau mengaturnya terlalu sulit. Sebaliknya, Moms membiarkannya tumbuh sambil secara teratur mengganti larutan nutrisinya. Akhirnya, mereka akan terlihat cukup enak untuk di makan dan di sajikan secara segar.

Memiliki waktu tumbuh sekitar 30 hari, PH terbaik yang bisa kalian atur agar selada tumbuh dengan baik adalah 6,0 hingga 7,0.

Sebagai tanaman hidroponik rumahan pertama, lakukan penanaman secara bertahap sehingga Kalian akan memiliki persediaan selada yang berkelanjutan.

Paprika

Paprika adalah tanaman hidroponik rumahan yang sedikit lebih maju. Jangan biarkan mereka tumbuh hingga mencapai ketinggian maksimalnya.

Sebagai gantinya, pangkas dan cubit tanaman sekitar 20 cm untuk memacu pertumbuhan lada.

Budidaya di perairan dalam atau sistem pasang surut adalah yang terbaik untuk paprika.

Paprika memiliki waktu tumbuh sekitar 90 hari dengan PH terbaik 6,0 hingga 6,5. Rencanakan untuk menyediakan cahaya hingga 18 jam untuk tanaman ini setiap hari.