Inilah Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Salah satu cara berkebun yang makin populer yakni menanam tanaman hidroponik. Sebab di ketahui metode ini tak memerlukan tanah dan lahan yang luas. Sehingga bisa diterapkan oleh siapa pun meski hanya memiliki pekarangan kecil di rumah.

Semenjak pandemi berlangsung sekarang ini banyak orang yang suka dengan tanaman dan berkebun. Berkebung memanglah hal yang asyik di lakukan.

Bila dibudidayakan secara ramah lingkungan, produk hidroponik lebih sehat dan aman dikonsumsi karena bebas dari pestisida berbahaya. Oleh sebab itu tak heran kalau menanam tanaman hidroponik bisa menjadi alternatif berkebun yang praktis. Mari kita simak artikel tentang Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Potong Botol Menjadi 2

Potong bagian atasnya untuk space menanam hidroponik Buka tutup botol serta gunting ataupun cutter bagian atas botol sehingga kalian mempunyai 2 bagian botol. Apabila kalian merasa bagian dasar botol sangat besar, kalian boleh memotongnya dekat 12 centimeter. Pada metode bertanam hidroponik ini, bagian atas botol akan di balik menyamai corong serta diletakkan di bagian botol yang lain.

Buat lubang

Segera lubangi pinggiran botol untuk saluran air hidro Dalam bertanam hidroponik di botol sisa, kain flanel berfungsi selaku perantara buat mengalirkan air ke media tanam. saat kalian melubangi zona pinggir penutup botol, jangan hingga terpotong, ya. Selipkan kain flanel ke lubang tersebut serta perkenankan dia menjuntai ke dasar.

Masukkan air nutrisi ke dalam botol

air mengalir dari selang buat bertanam hidroponikSebab air ialah tenaga utama dalam bertanam hidroponik, air diperlukan lumayan banyak. Tuangkan air bersih bernutrisi ke dalam bagian dasar botol tadi dengan di taksir 2-3 botol. Sehabis itu, masukkan bagian atas botol dalam posisi terbalik serta yakinkan kain flanel masuk ke dalam air.

Masukkan media tanam hidroponik serta biji tanaman

media tanam rockwool serta tumbuhan kecil buat bertanam hidroponik Media tanam hidroponik muncul dalam sebagian wujud, semacam rockwool, cocopeat, serta sekam bakar. Walaupun telah memperoleh nutrisi dari air, kalian pula butuh mengombinasikan media tanam dengan pupuk kompos supaya hasil dari bertanam hidroponik kian sehat. Setelah itu, gali sedikit media tanam, masukkan biji, serta kubur kembali.

Tidak wajib dari biji, bertanam hidroponik dalam botol pula dapat kalian jalani dengan tumbuhan yang telah sedikit bertumbuh. Kalian lumayan memindahkannya ke botol tersebut serta bertanam hidroponik juga dapat kalian lanjutkan kembali.

Ubah air bernutrisi secara rutin

air nutrisi kotor wajib lekas di tukar dalam bertanam hidroponikBertanam hidroponik memanglah tidak membutuhkan perawatan yang sangat banyak. Tetapi, kalian wajib kerap mengecek tanamanmu, spesialnya air nutrisinya. Apabila air telah sedikit, lekas tambahkan dengan yang baru. Gantilah air nutrisi apabila telah berlumut serta kotor. Pasti perihal ini tidak sehat buat tanamanmu.

Seperti itu metode bertanam hidroponik dalam botol! Bertanam hidroponik dengan wadah ini cuma dapat kalian pakai buat menanam sayur- mayur. Jangan bertanam hidroponik tumbuhan berbuah ataupun berbunga, ya. Perihal ini di sebabkan botol tidak dapat jadi wadah yang mencukupi buat bertanam hidroponik spesial buat tumbuhan tersebut.

Kunci lain yang wajib di pegang di kala bertanam hidroponik merupakan cahaya matahari. Pakai kanopi transparan supaya tumbuhan pula terlindungi dari rintik hujan yang dapat buatnya rusak. Selamat bertanam hidroponik, ya!