6 Tanaman yang Bisa Ditanam Dengan Teknik Hidroponik

teknik tanaman hidroponik

 

Teknik hidroponik

Pernahkah kamu mencoba untuk menanam tanaman di dalam rumah? Cara paling umum yang digunakan adalah menggunakan media pot dengan menggunakan tanah sebagai medianya, bukan? Tapi belakangan ini ada teknik bercocok tanam yang bisa melakukannya tanpa menggunakan media tanah. Teknik bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah inilah yang dinamakan teknik hidroponik.

Cara menanam dengan hidroponik ini menggunakan air sebagai medianya ditambah dengan berbagai nutrisi yang dimasukkan ke dalam airnya. Tanaman hidroponik ini sangatlah sehat dan bergizi, apalagi dalam prosesnya tanaman selalu terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Walaupun menggunakan media air, air yang dibutuhkan tidaklah banyak. Tanaman yang bisa ditanam menggunakan teknik ini juga ada berbagai macam. Berikut ini adalah 6 macam tanaman hidroponik yang berhasil dirangkum oleh tanamanhidroponik.

 

1.Sawi Hijau

Sawi termasuk tanaman yang banyak dikonsumsi dan sering dijumpai di berbagai jajanan keliling di sekitar kita. Selain itu sawi hijau tahan terhadap hujan sehingga bisa tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini juga sangat laku di pasaran sehingga para petani banyak menggunakan teknik hidroponik untuk membudidayakannya.

 

2.Tomat

Dalam penanaman tomat ini hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibitnya. Bibit unggul yang anda pilih nanti akan menentukan hasil dari panennya. Penyemaian bibit tomat juga sebaiknya menggunakan media seperti serbuk sabut kelapa sebgai pengikatnya. Selain itu, Anda harus melakukan perawatan rutin hingga satu bulan sebelum siap ditanam dengan teknik hidroponik.

 

3.Brokoli

Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran tinggi. Tapi, sekarang brokoli dapat ditanam di dataran rendah menggunakan teknik hidroponik ini. Selain itu karena hidroponk ini juga, brokoli bisa tumbuh lebih subur dari biasanya karena diberikan asupan nutrisi yang banyak.

 

4.Seledri

Tanaman ini memiliki bau yang khas dan mempunyai manfaat yang banyak. Seledri ditanam secara hidroponik menggunakan sistem sumbu. Selain menggunakan sistem sumbu, seledri juga bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik lain.

 

5.Paprika

 

Paprika biasanya digunakan sebagai campuran masakan luar negeri. Karenanya, di Indonesia tidak terlalu banyak orang yang mengonsumsi paprika. Saat ini paprika lebih banyak dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik. Untuk membudidayakan tumbuhan ini dengan hidroponik, yang harus diperhatikan adalah nutrisi yang diperoleh paprika dalam airnya.

 

6.Cabe

Yang terpenting dalam hal ini adalah pemilihan bibitnya. Selain itu, cabe termasuk tanaman yang sangat laku di Indonesia dan permintaannya cukup banyak. Jika anda berhasil menggunakan tekinik ini dan menanam banyak cabe, sudah dipastikan keuntungan yang didapat akan banyak pula.