5 Tips Merawat Tanaman Hidroponik Paling Mudah

Dimasa pandemi seperti ini, pastinya kamu bosan jika diam saja dirumah. Lebih baik! Yuk jadikan aktivitasmu dengan cara berkebun. Kamu bisa menanam tanaman hidroponik dengan mudah, adapun cara merawat tanaman hidroponik yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Sebelum membahasnya, apakah kamu sudah tahu apa saja yang bisa dijadikan sebagai tanaman hidroponik? Diantaranya kamu bisa memiliki sayur-sayuran seperti tomat, kangkung, cabai, timun, selada, pokchoy, dan sawi.

Supaya kamu tidak gagal merawat tanaman hidroponik, simak dibawah ini ada tips yang bisa kamu lakukan dengan mudah :

1. Cek Kadar Air Dan Tempat Penampungan

Faktor yang menjadi utama agar tumbuhan kamu terawat dan bisa tumbuh secara cepat yaitu perhatikan ketersediaan air. Karena pada media hidroponik memang tidak mampu menyediakan air secara alami.

Maka dari itu, kalau kamu ingin tanaman hidroponik bisa bertahan lama dan terawat dengan baik, kamu bisa melakukan pengecekan kondisi air di tempat penampungan diantaranya :

-Pastikan kondisi air selalu bersih.

-Supaya terjaga kebersihannya, kamu bisa menggantinya dalam waktu 4 hari sekali.

-Agar lebih mudah mengecek kadar air, ada baiknya kamu menggunakan wadah bening atau transparan. Sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mengamati kadar air yang tersedia.

-Idealnya dalam pengisian air kurang lebih ½ atau ¾ bagian saja. jangan isi bak penampungan terlalu penuh yah guys.

2. Pengecekan Kondisi Larutan Nutrisi

Nutrisi juga merupakan kunci paling penting dalam penanaman hidroponik. Dengan cara pemberian nutrisi yang cukup, tanaman tersebut akan tetap stabil dalam pertumbuhan masa panjang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam pengecekan nutrisi, sebagai berikut :

-Cek ketersediaan nutrisi disetiap hari.

-Gantikan nutrisi pada 3 hari sekali dengan larutan yang baru

-Berikan dosis larutan nutrisi secara bertahap.

-Campurkan larutan nutrisi dengan air yang bersih.

-Pastikan nutrisi yang diberikan tidak lewat dari masa kadaluwarsa.

3. Bersihkan Wadah Penampungan Dan Larutan Nutrisi

Pada poin ketiga, merupakan hal yang sangat penting. Supaya tanaman yang sudah kamu rawat dengan baik tidak terserang hama dan penyakit lainnya.

Untuk wadah media tanam yang transparan atau bening, akan rentan ditumbuhi lumut. Sehingga kamu harus mengetahui pembersihannya sebagai berikut :

-Yang pertama, kamu bisa keluarkan sisa larutan nutrisi.

-Selanjutnya, bersihkan pada bagian yang ditumbuhi lumut dengan air yang mengalir.

-Lalu, rendam wadah dengan air bersih atau alkohol.

-Berikan larutan nutrisi yang baru.

Kamu bisa melakukan tips yang ada diatas setiap 1-2 minggu sekali, dan jangan sampai kamu biarkan lumut tumbuh dalam waktu yang lama, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

4. Cek Kondisi Tanaman Secara Rutin

Hal yang paling ditunggu-tunggu dalam berkebun hidroponik adalah melihat hasil panen yang baik dan subur. Untuk mendapatkan hasil tersebut, kamu wajib mengecek kondisi tanaman secara rutin.

Dengan cara kamu melakukan pengecekan kondisi tanaman, tentunya kamu bisa mengetaghui apa saja yang terjadi pada tanamanmu. Karena jika tanaman yang terserang hama atau penyakit, maka pertumbuhan tanaman juga akan menunjukkan gejalanya. Seperti daun yang terlihat kuning, layu, dll.

5. Buang Tanaman Yang Terserang Hama Atau Penyakit

Dalam pengecekan tanaman secara berkala, tentunya kamu bisa mengetahui tanaman yang terserang penyakit atau hama. Maka dari itu, kamu bisa memisahkan tanaman yang sakit dari tanaman yang sehat. Jika kamu tidak mengambil langkah yang satu ini, dikhawatirkan tanaman yang sehat akan tertular juga.

Nah, itulah 5 cara merawat tanaman hidroponik yang paling mudah dan bisa kamu coba dirumah. Meskipun terbilang mudah, kamu juga harus sabar dan rutin mengecek tanaman sampai panen tiba.