Apakah Tanaman Hidroponik Aman Dikonsumsi?

Tanaman Hidroponik

Banyak yang mempertanyakan perihal keamanan dari mengonsumsi tanaman yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik. Itu dikarenakan metode menanam tanaman ini memang ada yang menggunakan bahan kimia tertentu. Nutrisi yang digunakan para pekebun tanaman hidroponik adalah AB Mlx, ini merupakan nutrisi kimia dari A dan B yang dicampur menjadi satu.

Kalau di tanya apakah nutrisi kimia ini aman untuk dikonsumsi atau tidak, jawabannya adalah AMAN! Kenapa? Karena nutrisi yang diberikan ke tanaman ini sesuai dengan kebutuhan dari sayur yang ditanam itu sendiri. Tidak diberikan secara berlebihan atau pun secara acak, semuanya sesuai dengan takaran yang ada.

Sebenarnya sama saja dengan tanaman yang ditanam di tanah, sama-sama menggunakan pupuk kimia. Selama dosis yang digunakan tetap sesuai dan tidak berlebihan, maka bisa aman untuk dikonsumsi.

Banyak orang yang khawatir dengan unsur kimia yang ada di sayuran hidroponik, itulah yang membuat mereka menjadi mengurangi pengonsumsian sayuran hidroponik. Padahal sebenarnya bahan kimia ini hanya merupakan istilah, bahkan udara yang kita hirup pun mengandung unsur kimia.

Tanaman Hidroponik

Ada gas nitrogen sampai 78% pada udara yang kita hidup, oksigen 20%, dan sisanya zat lain yang juga disebut dengan kimia. Jadi jangan terkecoh dengan istilah pupuk kimia ini.

Bahan kimia tidaklah berbahaya, sedangkan untuk tanaman yang berbahaya adalah Pestisida. Selain itu yang tanaman tanah serap sama saja dengan tanaman hidroponik.

Hasil dari pertanian hidroponik pun juga sehat dan enak untuk dikonsumsi. Karena nutrisi yang ada pun sudah terkontrol dan sesuai dengan yang tanamannya butuhkan. Dengan demikian tanaman menjadi dapat tumbuh dengan baik sesuai dengan apa yang ia butuhkan. Ini membuat tanaman hasil hidroponik menjadi memiliki rasa yang renyah.

Selain itu tanaman hidroponik pun memiliki kandungan gizi yang baik, karena nutrisi yang ada pada tanaman sudah dikontrol dengan baik pula. Produk pertanian yang dihasilkan dengan melalui sistem ini dan dengan metode yang taat maka tidak akan memerlukan pestisida kimia, jadi tingkat keamanan untuk dikonsumsinya sudah tidak perlu lagi untuk diragukan.

Kelebihan lain dari sistem hidroponik adalah ia tidak akan merusak tanah, karena dalam metodenya sama sekali tidak memerlukan tanah. Sangat kecil terdapat efek residu dari pupuk berbahaya yang ada pada jenis tanaman ini.

Tanaman Hidroponik

Mungkin memang pada awalnya investasi yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem ini cukup besar, tapi nantinya bisa akan lebih murah. Itu karena tenaga kerjanya tidak perlu banyak-banyak. Kerusakan tanaman pun bisa lebih minimal dan bisa memiliki banyak visual yang menjadi lebih menarik, baik dari segi tanaman atau di lingkungannya.

Nah, intinya adalah tanaman hidroponik memang menggunakan unsur kimia, namun tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Unsur kimia ini akan secara alamiah dikelola oleh Batang juga daun dari tanaman. Sama seperti saat sayur organik yang diberikan pupuk kandang, kita tidak akan memakan kotoran dari pupuk tersebut, tetapi tanaman sudah mengubah zat-zat yang ada dengan cara yang alami.

Untungnya saat ini konsep ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak kalangan, jadi kita tidak lagi memerlukan sayur impor nantinya. Sayur pun lebih memiliki kualitas yang baik dan banyak yang memulai untuk bertani karena ada metode semudah ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai apakah tanaman hidroponik aman di makan, apakah artikel ini membantu Anda dalam memahaminya?