daftar poker online daftar sbobet

JENIS SAYURAN YANG BISA DITANAM DENGAN TEKNIK HIDROPONIK PADA DATARAN RENDAH

Menanam tanaman memang gak bisa asal-asalan jika ingin menghasilkan tanaman yang baik. Setiap tanaman pasti memiliki perawatannya sendiri dan tentunya harus di sesuaikan dengan sifat-sifatnya. Berbagai macam teknik tanam yang dilakukan pun punya perlakuan yang khusus, seperti halnya teknik hidroponik.

Meski bisa dilakukan di rumah, tapi kita harus tahu apakah tanaman yang akan di tanam menggunakan teknik ini akan cocok dengan lingkungan sekitar atau tidak. Karena setiap daerah punya kondisi tanah dan juga suhu yang berbeda, sehingga kita harus bisa menyesuaikan itu.

Bila berada di dataran rendah, tentunya kita harus bisa memilih tanaman apa saja yang tahan dengan panas dan kelembaban yang rendah. Sehingga bila dilakukannya dengan benar, tanaman itu akan berhasil sesuai dengan yang kita inginkan. Bila rumahmu berada di dataran rendah, kami punya rekomendasi tanaman yang bisa di tanam dengan teknik hidroponik nih. Penasaran kan? Simak ya!

1.Brokoli

Brokoli

Mungkin banyak yang sudah tahu, bila brokoli ini hanya bisa ditanam di dataran tinggi saja. Tapi akhir-akhir ini banyak yang mencoba menanam dengan teknik hidroponil di dataran rendah loh. Yang jelas, brokoli ini harus di rawat secara ekstra dan jangan sampai salah memberikan nutrisinya. Karena sifatnya yang menyimpan banyak nutrisi di tubuh, brokoli ini sangat perlu nutrisi yang tepat dan juga penanaman dengan teknik bisa mempercepat produksi brokoli.

2.Kangkung

Kangkung

Kangkung memiliki 2 jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Keduanya memiliki ciri-ciri, bentuk, habitat, ukuran yang berbeda. Untuk teknik hidroponik ini lebih cocok untuk menanam kangkung darat. Kangkung ini sudah bisa di panen sekitar hari k 20-25 dengan ciri panen ketika daun sudah hijau tau dan terbuka lebar.

Sifat kangkung ini suka di tempat yang terbuka tapi jangan terlalu kena matahari secara langsung, karena akan menghasilkan daun dan batang lebih keras. Jadi alangkah baiknya bila kangkung ini berada di tempat yang lebih tertutup agar kangkung bisa tumbuh memanjang.

3.Bayam

Bayam

Bayam sangat cocok untuk di tanam di dataran rendah. Sayur ini gak hanya terkenal di Indonesia tapi terkenal juga di kawasan Asia Timur, China dan juga Afrika. Kandungan nutrisi pada bayam juga cukup banyak terdiri dari vitamin A, vitamin C dan asam folat. Terdapat 2 jenis bayam yang berbeda yang bisa dilakukan dengan cara hidroponik yaitu berdaun hijau dan berdaun merah.

4.Sawi

Sawi

Selain bayam, sawi juga terkenal dan sering dijadikan sebagai bahan masakan. Biasanya masa panen sawi di hari ke 25-30 hari dengan ciri-ciri tangkai daun yang cerah dan daun yang melebar. Untuk menanam sawi ini, perlu jarak sekitar 15 cm karena batangnya yang cukup panjang. Selain itu ada juga sawi sendok atau yang sering disebut dengan pakcoy. Pakcoy ini bisa di panen dengan akarnya dan bisa juga dibuang bagian pangkalnya.

Jadi itulah 4 sayuran yang cocok ditanam di dataran rendah dengan tkenik hidroponik. Setiap tanaman ini tentunya punya treatment tersendiri dan juga bisa di kontrol lewat green house. Dengan pengontrolan yang rutin, kita pun bisa tahu bagaiaman kondisi tanamannya apakah kelembabab dan suhunya sudah pas atau belum. Dengan begitu, tanaman yang dihasilkan pun bisa lebih optimal.

Semoga membantu ya!

admhidrop