daftar poker online daftar sbobet

Daftar Peralatan Hidroponik yang Wajib Kalian Ketahui!

Peralatan Hidroponik

Masyarakat sudah makin sadar akan pentingnya penghijauan dan pemenuhan pangan. Meski begitu, sebagian dari mereka masih terhambat problem lahan penanaman. Namun, kendala tersebut bisa dipecahkan dengan memanfaatkan urban farming memakai hidroponik. Menanam dengan cara hidroponik dahulu dianggap susah dan membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Kini, ada cara hidroponik simpel memakai wick (sumbu) yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah malah oleh orang awam sekalipun. Bahan dan perlengkapan untuk memulai hidroponik ini juga gampang ditemukan baik di warung pertanian ataupun warung online. Melalui artikel ini, aku ingin berbagi info perlengkapan apa saja yang harus dimiliki untuk memulai hidroponik simpel di rumah.

1.EAST WEST SEED INDONESIA

EAST WEST SEED INDONESIA

Benih pakcoy Nauli F1 yakni jenis bibit hibrida yang dikenal mempunyai produksi tinggi dengan penampilan yang seragam. Benih cap panah merah dengan spesifikasi penampilan seragam ini sesuai untuk jenis penanaman hidroponik yang juga menunjukkan keindahan.

Berdasarkan pengalaman aku, daya tumbuh bibit ini sudah teruji baik sehingga tak perlu melakukan penyulaman atau penanaman ulang. Apalagi jika sudah ditopang dengan nutrisi hidroponik sehingga membikin bibit bisa tumbuh menjadi tanaman yang subur.

2. Rockwool Cultilene

Rockwool Cultilene

Rockwool yakni media tanam yang awam diterapkan sebagai daerah tumbuhnya tanaman hidroponik. Media tanam ini terbuat dari batu sehingga terasa sedikit kasar saat diraba dan malah sesekali membikin gatal di kulit.

Media tanam khusus hidroponik ini seperti busa dengan serabut halus namun mempunyai muatan yang betul-betul ringan. Kelebihan dari media tanam ini yakni sanggup menaruh cukup air dan udara. Hasilnya, media tanam ini betul-betul menolong tanaman dalam meresap nutrisi malah pada saat penyemaian bibit.

3. Box Sterofoam

Box Sterofoam

Pemakaian box stirofoam yakni salah satu trik untuk merakit hidroponik simpel di rumah dengan harga yang relatif murah. Box stirofoam ini diterapkan untuk media nutrisi hidroponik cara wick. Wadah box stirofoam yang diperlukan berukuran 5 liter bervolume 37 cm x 23 cm x 16 cm.

Sebelum memakai box ini sebagai wadah hidroponik, kalian perlu melapisi bagian dalam box dengan plastik hitam secara merata. Sesudah dilapisi plastik, karenanya kalian bisa memasukkan larutan nutrisi hidroponik AB mix ke dalam box stirofoam tersebut.

4. Kantong Sampah

Kantong Sampah

Kantong sampah plastik ini diterapkan untuk melapisi box stirofoam yang dijadikan wadah hidroponik. Manfaatnya yakni menjaga agar larutan nutrisi yang dimasukkan ke dalam box tak bocor. Kantong sampah merek Trima Beri ini mempunyai ketebalan yang baik dan ukuran yang pas untuk box stirofoam.

Untuk melapisi box stirofoam, kalian cukup memasukkan kantong sampah plastik ini ke dalam box stirofoam. Kemudian, atur plastik sedemikian rupa agar semua lapisan box terlapisi. Lalu, kasihlah perekat di bagian luar sehingga posisi plastik tak berubah.

5.Hole Saw Kits

Hole Saw Kits

Tutup box stirofoam bisa dimanfaatkan sebagai daerah tanaman mengambang di atas larutan nutrisi hidroponik AB mix. Untuk itu, tutup box stirofoam perlu dilubangi untuk meletakkan net pot. Untuk mempermudah pembuatan lubang tanam tersebut, kalian membutuhkan alat pelubang yang bernama hole saw.

Tidak hanya pada stirofoam, alat pelubang ini juga bisa diterapkan untuk membikin lubang pada paralon, ember plastik, dan lain-lain. Hole Saw Kits ini terdiri dari 13 kits dan 10 tool steel cutting cups. Kalian bisa memilih kit dan tool ini sesuai dengan lebar lubang tanam yang diinginkan.

Itulah sebagian perlengkapan dari hidroponik yang diperlukan.

admhidrop