daftar poker online

Pengertian Tanaman Hidroponik dan Cara Menanamnya

metode hidroponik

Tanaman Hidroponik merupakan sebuah tanaman yang media tanamnya tidak menggunakan tanah melainkan menggunakan media tanam air sehingga menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan Air pada Tanaman Hidroponik lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan air tanaman pada tanah, Hal ini terjadi karena hidroponik menggunakan air dengan efisien sehingga cara ini cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air sedikit.

Dengan menggunakan air yang diperkaya dengan berbagai nutrisi, tanaman hidroponik sangat sehat dan bagus untuk dikonsumsi dan bebas oleh hama serta pencahayaannya jadi lebih mudah lagi.

Hidroponik merupakan metode tanam yang sangat ramah lingkungan karena tidak memerlukan pupuk pestisida atau herbisida yang sangat beracun dan tidak ramah lingkungan.

Cara ini juga tidak memerlukan penyiraman pada tanaman sehingga bisa membuat sayuran yang dihasilkan aman dan sehat daripada cara biasa, Meskipun tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya namun tetap saja metode ini memerlukan unsur pendukung lainnya seperti pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata, busa, kerikil dan masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif tanah.

Namun ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh subur dengan menggunakan teknik ini, tapi ada juga yang tidak bisa tumbuh. Menanam tanaman dengan cara ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang mengingat tumbuhan tidak bisa lepas dengan yang namanya tanah.

Ada berbagai macam cara penanaman yang diterapkan secara hidroponik, yakni:

1.Hydroponic Kultur Agregat

Dengan metode ini penanaman tumbuhan menggunakan media kerikil, pasir, arang, sekam padi dan bahan-bahan lainnya yang telah disterilkan.

2. Hydroponic Kultur Air

Cara ini melakukan penanaman dengan media yang menggunakan larutan hara mikro serta mikro dibagian dasar, hal ini dimaksudkan agar akar tanaman bisa menyerap dan menyentuh larutan penuh nutrisi.

Sehingga tanaman atau buah yang dihasilkan akan sangat sehat, aman dan enak untuk dikonsumsi.

3.Hydroponic Nutrient Film Technique

Cara ketiga adalah dengan melakukan penanaman diselokan sempit yang juga panjang dengan membuat medianya dengan lempengan logam tipis anti karat kemudian selokan ini akan diberi nutrisi lewat aliran air untuk tumbuhan.

Nantinya akan tumbuh lapisan tipis disekitar akar tanaman yang berfungsi sebagai makanan untuk tanaman itu sendiri.

Kesimpulan

Anda telah membaca pengertian tanaman hidroponik dan metodenya secara lengkap, Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai tumbuhan yang menggunakan metode ini.

admhidrop