Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya Untuk Umum

manfaat tanaman hidroponik

Saat ini kita pasti lebih sering membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik daripada cara konvensional. Dengan menanam menggunakan cara hidroponik, kita jadi tidak perlu lahan yang luas untuk melakukannya.

Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan teknik ini untuk menanam tanaman mereka meskipun hanya sekedar hobi atau ada juga yang menanam untuk mencari penghasilan.

Buat kamu yang ingin mengetahui apa itu hidroponik, berikut ini kita rangkum penjelasannya.

1.Pengertian Hidroponik

Hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Jadi produk yang dihasilkan dari cara hidroponik kaya akan nutrisi.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dan bisa menghasilkan buah secara lebih cepat meskipun tidak menggunakan tanah. Dimanapun tempat tumbuh tanaman hidroponik akan selalu tumbuh baik jika nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Pada cara penanaman dengan hidroponik, fungsi dari media tanahnya yaitu untuk menyangga tanaman dan yang terpenting air untuk melarutkan nutrisi yang akan diserap oleh akar tanaman. Dengan cara ini, petani bisa menghemat tempat dan waktu untuk bercocok tanam.

2.Manfaat Hidroponik

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang berlimpah jika menggunakan metode ini untuk menanam tanamanmu dirumah.

  • Menghasilkan kualitas tanaman yang bagus
  • Tanaman bisa terhindar dari bahaya hama
  • Hemat pupuk
  • Hemat tempat
  • Tanaman bisa tumbuh lebih cepat
  • Hemat tenaga dan waktu

Ada banyak sekali jenis tanaman hidroponik yang bisa kamu tanam agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang banyak dengan menggunakan metode ini.

Selain itu, buah yang dihasilkan juga bisa kamu jual atau gunakan sendiri karena kualitasnya terjamin dan kamu bisa lebih hemat.

Ada beberapa contoh jenis tanaman yang bisa kamu budidayakan dirumah seperti Selada, Cabai dan Kangkung. Masih banyak lagi jenis tanaman yang bias kamu tanam dengan menggunakan cara ini. Untuk bisa menghasilkan tanaman yang bagus, kamu perlu menggunakan bibit tanaman dengan kualitas terbaik.

Kamu bisa membeli bibit tersebut dari toko tanaman hidroponik dan pastikan protein dari setiap tumbuhan yang kamu budidayakan semuanya tercukupi dengan baik.

admhidrop