daftar poker online daftar sbobet

MENGENAL DUNIA TANAMAN HIDROPONIK LEBIH DALAM

Bercocok tanam sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Banyak teknik yang bisa dilakukan dalam bercocok tanam, apalagi ketika teknologi sudah maju sehingga memudahkan manusia dalamm melakukan hobinya.

Salah satu teknik yang sudah ada dari tahun 1700an dan beberapa tahun ini kembali  ngetrend adalah dengan sebutan teknik hidroponik. Mungkin kalian juga sudah dengar istilah ini, tapi apakah tau apa maksudnya?

Hidroponik merupakan suatu proses bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Kok bisa ya? padahal tanah merupakan sumber utama yang bisa membantu pertumbuhan tanaman. Karena pada dasarnya teknik ini memanfaatkan air yang sudah dicampurkan dengan nutrisi.

Melihat dari banyaknya lahan pertainan yang sudah terpakai, sehingga munculah teknik seperti ini. Dalam teknik ini, tentunya akan lebih menguntungkan karena kita tak menggunakan tanah sedikitpun. Tapi perlu diperhatikan juga, bahwa media air yang digunakan harus sesuai dan gak boleh sembarangan. Teknik seperti ini juga bisa dibilang menjadi teknik pertanian yang lebih modern karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kini sudah banyak lahan pertanian yang harus dipakai untuk bangunan sehingga sulit untuk bisa menanam di lingkungan bebas. Pada dasarnya bercocok tanam dengan teknik hidroponik bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin bercocok tanam tapi gak punya lahan. Sekarang banyak sekali orang-orang yang mulai mencoba untuk menanam tanaman hidroponik, karena selain bisa menyalurkan hobi kepada tanaman, tak jarang juga dijadikan sebagai ladang bisnis.

Meskipun tanpa menggunakan media tanah, kamu pun harus tau jika dalam hidroponik memiliki metode atau cara yang berbeda. Hal ini bisa dilihat dari setiap penyusunan antara tanaman dan medianya. Teknik dengan cara hidroponik bisa lebih cepat panen, tapi perlu diperhatikan dari setiap aspeknya. Selain gak bisa asal-asalan, teknik seperti ini butuh orang yang memang telaten dan mengerti cara merawatnya.

Tempat yang bisa dipakai sebagai media tanaman ini bisa menggunakan botol bekas dengan ukuran yang agak besar atau memakai pipa paralon. Untuk hal ini kalian bisa lihat di laman lain bagaimana tempat yang dipakainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih berkreasi mau seperti apa bentuknya atau ditata sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari teknik hidroponik, diantarnya:

-Lebih mudah maintenance

-hasil panen bisa lebih cepat juga bersih

-Hasil tanaman lebih aman dan kualitas terjamin karena tidak terkena pupuk kimia ataupun pestisida

-Tak perlu punya lahan yang besar, bisa memanfaatkan lahan yang ada

-Penggunaan pupuk tidak boros

-Lebih bisa dikendalikan dari penyakit dan hama

Namun di sisi lain ada juga kekurangan dari teknik ini diantaranya:

-Modal yang cukup besar

-Komposisi air dan nutrisi harus disiapkan secara pas

-Jika terjadi kesalahan bisa mematikan seluruh tanaman dalam satu tempat

-harus mengganti sistem wick secara rutin

Jika kita bisa melakukannya secara telaten, pasti akan muncukl rasa bangga tersendiri. Apalagi ketika nanti sudah panen, sayur atau buah yang kita tanam bisa di konsumsi. Selain itu, penataan tanaman hidroponik yang pas juga bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, agar tak melulu harus menggunakan tanaman hias maupun tanaman yang menggunakan media tanah. Dengan warna yang hijau dan segar, akan membuat rumahmu semakin asri dan sejuk. Yang terpenting, tanaman tersebut harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar proses fotosintesisnya semakin optimal.

Jadi gimana, ada keinginan untuk mencobanya?

admhidrop