daftar poker online daftar sbobet

7 Media Tanam Hidroponik Yang Mudah Digunakan

Karena kemudahan dalam membudidayakannya, tentunya tanaman hidroponik ini banyak dipilih oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal diperkotaan. Dengan cara penanaman yang relative mudah dengan penggunaan alat yang sederhana, rupanya dengan cara ini, kualitas tanaman yang dihasilkannya pun terbilang sangat baik jika dibandingkan dengan metode konvensional.

Tertarik untuk menanam tanaman hidroponik dirumah kalian? Yuk ketahui lebih dahulu mengenai media tanam apa saja yang dapat dipergunakan.

Media Tanam Hidroponik

1. Aram Sekam

Media tanam ini memang banyak digunakan bagi pembudidaya tanaman hidroponik. Selain banyak mengandung nutrisi, oksigen, air, dan berbagai kebutuhan tanaman, arang sekam ini juga memiliki bobot yang cukup ringan. Sehingga membuat akar tanaman akan lebih leluasa dalam bergerak dan tanaman tumbuh dengan prima. Untuk memperolehnya, kalian bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah.

2. Spons

Tidak hanya digunakan untuk mencuci piring saja. Nyatanya spons juga bisa loh digunakan sebagai media tanam hidroponik. Dengan bobot yang ringan dan dapat menyimpan banyak air, tentu saja media ini tidak akan membebani akar tanaman. Justru penggunaan media ini akan membuat tanaman yang kalian tanam tumbuh dengan tegak.

Namun untuk penggunaan media ini tidak dapat digunakan dalam waktu panjang. Mengingat media ini memiliki tekstur yang mudah hancur. Terlebih jika terendam air dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu jika kalian ingin menggunakan media tanam ini, kami sarankan agar kalian menanam tanaman yang memiliki masa tanam atan panen yang singkat.

3. Rockwool

Sekilas memang mirip dengan spons, namun Rockwool merupakan media tanam hidroponik yang terbuat dari berbagai serat lelehan batu vulkanis. Tentunya media tanam ini memiliki komposisi antara air dan udara yang terbilang paling seimbang dibandingkan dengan media tanam yang lainnya. Rockwool ini juga mampu menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah loh.

Sehingga bisa dibilang bahwa media ini mampu untuk mengoptimalkan fungsi dari larutan nutrisi sebagai pupuk cair. Media tanam ini sendiri memiliki kandungan pH yang cukup tinggi. Sehingga sebelum penggunaannya, mediab tanam ini memerlukan perlakuan yang khusus. Dan pastikan bahwa tanaman yang akan kalian tanam dapat tumbuh dalam rentang pH 7.8 – 8.02.

4. Hidrogel

Media tanam ini memang sering kita jumpai pada setiap tanaman hias yang biasanya diletakan pada area ruang tamu. Dengan terbuat dari Kristal polimer, sudah pasti media tanam ini memiliki daya serap air yang cukup baik serta pengurai larutan nutrisi yang cukup baik.

5. Kerikil

Sama halnya seperti tanah, krikil juga memiliki kemampuan sebagai media tanam yang efektif untuk memberikan ruang pada tumbuhan agar tumbuh dengan prima. Dengan tekstur berpori besar, bukan hal yang sulit untuk media tanam ini mengalirkan nutrisi dan oksigen secara merata kepada tanaman. Untuk itu, media tanam ini sangat cocok sekali jika kalian menggunakan teknik Nutrient Film technique ( NFT ).

6. Pasir

Seperti yang kita ketahui bahwa pasir memiliki sifat yang mudah menyerap air. Sehingga pasir sangat cocok sekali untuk  digunakan sebagai media tanam hidroponik. Sama halnya seperti krikil, pasir pun memiliki pori – pori yang banyak sehingga cukup mudah baginya untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen pada tanaman.

7. Cocopeat

Cocopet atau serbuk sabut kelapa bisa juga loh digunakan sebagai media tanam hidroponik. Media tanam ini memiliki kemampuan untuk menampung daya tampung air yang cukup tinggi dengan larutan nutrisi yang tinggi juga loh. Sehingga kalian tidak perlu sering untuk melakukan penyiraman jika menggunakan media tanam ini.

Demikian media tanam hidroponik yang bisa kalian gunakan untuk bercocok tanam selain menggunakan media tanah. Semoga artikel ini dapat membantu dan jangan lupa simak artikel selanjutnya mengenai tanaman hidroponik selanjutnya. Selamat Bertanam!

admhidrop