daftar poker online daftar sbobet

Ternyata Lampu UV Dapat Tingkatkan Produktivitas Tanaman Hidroponik, Loh!

Sinar dari lampu ultra violet atau Sinar UV dimanfaatkan oleh Perusahaan Listrik Negara untuk meningkatkan produktivitas dari tanaman hidroponik. Inovasi yang sangat berguna ini mendapatkan apresiasi dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Terobosan teknologi pada sector pertanian ini adalah hasil kerja sama dari Pusat Pelatihan Pertanian & Pedesaan Swadaya (P4S) Buana Lestari di Wisata Edukasi Tani Terpadu (WETT) Betet, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Seperti yang diungkapkan oleh Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja sama, dalam keterangannya Selasa (02/02/21) lalu “Langkah pemanfaatan lampu UV ini bisa digunakan sebagai cara meningkatkan penjualan kWh listrik. Ini salah satu bukti bahwa penjualan listrik yang dilakukan PLN tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif semata. Kami mengapresiasi terobosan ini,”

Pemanfaatan dari listrik di dalam meningkatkan produktivitas ini sejalan dengan upaya dari pemerintah untuk semakin meningkatkan pasokan listrik ke masyarakat pada wilayah perekonomiannya saat ini tengah bertumbuh.

Keberadaan dari lampu UV sendiri dirasa semakin meningkatkan hasil dari panen tanaman hidroponik, di mana cahaya ini kini dimanfaatkan untuk menggantikan cahaya matahari ketika di malam hari.

Jadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik saat malam hari tetap didapatkan oleh tanaman selama 24 jam penuh, jadi tanaman bisa tumbuh lebih optimal.

Dengan adanya system pengairan stabil dan juga penerangan dari lampu UV ini, satur organik bisa dipanen hanya dalam kurun waktu 30-35 hari saja, bahkan beratnya bisa mencapai 200-250 gram. Ini tentunya lebih berat dibandingkan dengan tanaman hidroponik biasanya, di mana hanya seberat 150 gram.

Tapi lampu yang digunakan tidak bisa sembarang lampu. Untuk menerapkan teknik ini dibutuhkan lampu yang disebut dengan GROW LED, di mana ia memanarkan cahaya spectrum ultra violet. Selain itu jarak antar lampunya juga harus disesuaikan.

Idealnya, digunakan 1 lampu untuk 2 meter persegi dan dengan tinggi 150 cm dari tanaman.

Idealnya lampu ini akan meningkatkan kualitas dari tanaman, mulai dari daun, sampai ke akar yang lebih cerah, ini adalah indikator dari tanaman yang sehat.

Jadi bagaimana? Ingin mencoba teknik baru satu ini?

admhidrop