5 Jenis Tanaman Hidroponik Yang Bisa Kamu Tanam Sendiri

contoh tanaman hidroponik

Tanaman Hidroponik sangat populer di masyarakat, Kebanyakan para petani modern saat ini sudah menggunakan teknik Hidroponik di setiap tanamannya karena dianggap lebih hemat lahan.

Selain itu Tanaman Hidroponik adalah jenis tanaman yang bisa ditanam selain menggunakan media tanah seperti diganti dengan air yang berisi nutrisi hingga membuat tanaman tersebut tumbuh lebih baik dan cepat.

Tumbuhan yang ditanam dengan teknik hidroponik sangat bergizi dan sehat untuk dikonsumsi, karena teknik ini mengutamakan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tumbuhan, jadi jika kamu ingin menanam tanaman hidroponik dirumah. Tentukan dulu jenis tanaman hidroponik yang akan kalian tanam.

Karena tidak semua tanaman bisa ditanam dengan teknik hidroponik, Berikut ini beberapa jenis tanaman hidroponik yang akan menghasilkan jenis tanaman bebas penyakit dan sehat dari hama yang bisa kamu tanam dirumah.

Jenis Tanaman yang Bisa Ditanam dengan Teknik Hidroponik

1.Sawi Hijau

Jenis tanaman pertama yang bisa di tanam dengan teknik Hidroponik adalah Sawi hijau, sawi termasuk tanaman yang tahan terhadap hujan sehingga bisa tumbuh sepanjang tahun. Selain itu sayuran ini juga bisa ditanam dimanapun.

Sawi merupakan sayuran yang cukup laris di pasar sehingga para petani banyak yang menggunakan teknik hidroponik untuk membudidayakannya.

2.Brokoli

Selain sawi, Brokoli juga menjadi tanaman yang bisa kamu tanam dirumah dengan cara Hidroponik, jenis tanaman yang mirip kol ini menyimpan banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu Brokoli biasanya tumbuh di dataran tinggi. Namun saat ini brokoli bisa ditanam di dataran rendah dengan cara hidroponik yang benar.

3.Seledri

Daun Seledri merupakan jenis tanaman hidroponik sayuran yang biasanya sering ada di setiap rumah. Tanaman ini memiliki ciri khas tersendiri seperti bau yang unik dan mempunyai manfaat yang sangat banyak.

Jenis sayuran ini bisa kamu tanam secara hidroponik menggunakan sistem sumbu dan bisa juga dengan sistem rakit apung.

4.Bayam

Bayam termasuk sayuran favorit masyarakat indonesia yang sangat sehat untuk dikonsumsi, bayam sangat mudah ditemukan namun kamu sebaiknya membudidayakan bayam sendiri dirumah agar lebih bernutrisi.

5.Cabe

Menanam cabe dengan teknik hidroponik tidak perlu se-insetif seperti jenis tanaman yang lain, hal penting yang harus kamu perhatikan adalah memilih bibit yang unggul, memperhatikan cara penyemaian yang benar dan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dll.

Kesimpulan

Jenis-jenis tanaman ini bisa kamu tanam dirumah sendiri menggunakan cara hidroponik yang benar dan teratur, hasil dari tanaman bisa kamu konsumsi sendiri karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan sehat untuk tubuh.

admhidrop