daftar poker online daftar sbobet

CARA MENANAM BAWANG MERAH TANPA MENGGUNAKAN TANAH DENGAN TEKNIK HIDROPONIK

CARA MENANAM BAWANG MERAH

Bawang merah adalah satu satu bumbu dapur yang paling sering dipake untuk berbagai masakan Indonesia. Tak hanya sebagai bumbu masakan, terkadang bawang merah juga dijadikan sebagai topping dan juga sebagai bumbu untuk membuat sambal.

Masakan yang tak menggunakan bawang merah ini akan kurang lezat dan mungkin ada yang kurang pas. Selain bisa membuat masakan semakin sempurna, bawang merah juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin c dan zat besinya. Bawang merah juga bisa menjadi baluran ketika anak sedang panas.

Ada kalahnya, harga bawang merah bisa melonjak tinggi. Hal ini biasanya disebabkan dari para petani atau mungkin kondisi cuara yang buruk sehingga dalam penanamannya butuh waktu yang cukup lama. Untuk itu, kita akan kasih tau caranya bagaimana menanam bawang merah dirumah sendiri dengan menggunakan teknik hidroponk. Simak!

1.Dengan Polybag

Polybag

Bila kamu tak memiliki lahan yang cukup untuk menanam, cobalah untuk memakai polybag. Hal ini bisa meminimalisir lahan namun tetap bisa bertanam. Cara menanamnya pun hampir sama seperti menanam di sawah.

Pertama-tama siapkan polybag. Lalu campurkan arang, pupuk kompos dan tanah dengna perbandingan 1:1:1. Dalam 1 polybag, kamu bisa langsung menanam 2 hingga 3 umbi bawang merah sekaligus. Menanamnya pun jangan terlalu dalam ya guys, jika sudah, taruh polybag di tempat yang bisa terkena sinar matahari ya. Dan jangan lupa untuk disiram setiap dua kali sehari dan beri pupuk NPK bila sudah 6 minggu.

Bawang merah sudah bisa dipanen bila sudah memasuki 100 hari dan daun berwarna kuning.

2.Dengan gelas plastik

 gelas plastik

Menanam bawang merah dengna tkenik hidroponik memang susah-susah gampang karena kamu harus bersiap dengan media tanamnya. Jika kamu ingin menggunakan gelas plastik, kamu harus menyiapkan styrofoam yang dibentuk seperti pot. Lalu pada gelas tersebut harus diisikan oleh sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya kamu harus memasukan nutrisi ke dalam gelas hingga 5 ml. Dengan cara menanam dengan teknik seperti ini, kamu sudah bisa panen di hari ke 65.

3.Menggunakan pot

Menggunakan pot

Jika kamu menggunakan pot, jangan lupa untuk di beri lubang dibagian bawahnya untuk sirkulasi air. Dalam pot ini kamu bisa menanam menggunakan hingga 3 bawang merah sekaligus.

Untuk caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlua menyiapkan pot yang gak terlalu besar lalu beri tanah gembuar yang sudah mengandung humus. Selain humus, bisa juga di campur dengan pupuk kandang dan jangan lupa untuk siram air. Selanjutnya bibit bawang merah yang akan ditanam harus dibagi menjadi 4 di bagian atasnya.

Jika sudah selesai, siram setiap pagi dan sore untuk bisa mempercepat pertumbuhan. Namun bila sudah lebih dari 10 hari, siram sekali sehari saja. Biasanya bawang merah ini sudah bisa dipanen di hari ke 60.

4.Memakai kotak busa telur

Memakai kotak busa telur

Mungkin bagi sebagian orang belum tahu, kotak bekas telur yang terbuat dari seperti dari kardus ini bisa digunakan untuk menanam bawang merah loh. Untuk menghasilkan bawang merah yang baik, kamu perlu ekstra dalam menyiapkan bibitnya.

Sebelum di tanam, bawang merah harus yang sudah tua dengan ukuran yang besar, kemudian ditusuk dibagian tengah untuk direndam di air. Tunggu hingga bawang merah ini sampai muncuk tunasnya. Jika sudah muncul, barulah bisa memakai kotak kardus telur. Saat menggunakan media ini, kamu sudah bisa memanen ketika memasuki 90 hari.

Itulah 4 media tanam atau cara yang bisa dilakukan untuk menanam bawang merah secara teknik hidroponik. Selamat mencoba!

admhidrop