Cara Membuat Kebun Hidroponik di Rumah Sendiri

tanaman hidroponik

Menanam dengan media tanah membutuhkan pasokan air yang cukup banyak untuk pengairan rutin. Apalagi di zaman saat ini ketersediaan lahan makin menyempit, khususnya di kota-kota besar. Nah buat kamu yang tetap ingin memiliki area perkebunan sendiri di pekarangan rumah yang sempit.

Kamu bisa mencoba bercocok tanam dengan metode hidroponik, caranya juga cukup mudah dan tidak ribet. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya saja. Berikut ini langkah-langkah mudah untuk membuat kebun tanaman hidroponik sendiri di rumah.

1.Siapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat kebun hidroponik dirumah, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti:

  • Paralon dengan diameter 3 inch
  • Pipa penyambung dan penutup paralon
  • Gergaji
  • Gelas plastik (gunakan bekas kemasan air mineral)
  • Alat solder
  • Alat bor
  • Selang
  • Pompa akuarium
  • Spons
  • Bibit tanaman

Setelah semua alat dan bahan siap, sekarang baca langkah-langkah pembuatannya.

2.Lubangi Paralon Seukuran Gelas Plastik

Langkah untuk membuat tanaman hidroponik sendiri dirumah yakni kamu harus melubangi paralon seukuran dengan gelas plastik. Lalu potong paralon dengan panjang yang kamu inginkan.

Setelah itu pasang tutup paralon di kedua ujungnya.

3.Pilih Metode Pengairan

Menanam secara hidroponik memiliki dua pilihan metode pengairan yang pertama adalah metode sumbu, lalu yang kedua metode drip system. Pilihlah metode yang menurutmu cocok dengan tanamanmu.

4.Pasang Pompa air jika memilih metode drip system

Jika kamu memilih metode drip system sebagai cara membuat kebun hidroponikmu, kamu harus memasang pompa air.  Kamu perlu menyiapkan ember dengan pompa akuarium lalu lubangi salah satu penutup pada masing-masing paralon.

Lalu pasanglah selang menuju ke ember, sementara itu pompa akuarium bisa dipasang dalam ember untuk mengalirkan air ke tiap-tiap paralon menggunakan selang.

5.Susun gelas plastik pada lubang paralon

Setelah menyusun paralon dan metode pengairan sudah siap, atur gelas plastik pada setiap lubang yang ada di paralon. Sisakan satu lubang untuk memasukan pupuk cair nantinya.

Jangan lupa untuk melubangi pantat gelas plastik dengan bantuan alat solder, buat beberapa lubang kecil untuk jalur keluar masuk air nanti.

6.Letakkan Bibit tanaman diatas Spons

Setelah kamu menaruh gelas dengan  rapih, letakkan spoons dibagian dasar.

Supaya rapi kamu bisa memotongnya dengan bentuk dan ukuran yang mengikuti gelas, selanjutnya kamu bisa langsung meletakkan bibit tanaman diatas spons.

7.Pilih tanaman

Tidak semua tanaman bisa kamu tanam dengan cara hidroponik, maka dari itu gunakanlah tanaman yang bisa kamu tanam dengan cara ini seperti sawi hijau atau yang lainnya.

8.Beri pupuk dengan rutin

Jangan lupa setelah berhasil menanam tanaman hidroponik, langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah memberinya pupuk secara rutin agar tanaman tetap sehat dan hasilnya bagus.

admhidrop