Inilah Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen , Wajib Tahu!

Hidroponik sendiri dapat di artikan sebagai. sistem budidaya tanaman dengan media air sebagai pengganti media lahan tanah. Tanaman hidroponik tentu lebih segar dan aman untuk dikonsumsi karena bebas dari insektisida. Tetapi kadang tidak sedikit orang yang ingin cepat panen dalam berkebun

Anda tidak perlu khawatir mengenai kandungan gizi pada jenis jenis tanaman hidroponik karena nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah hidroponik memiliki kandungan yang sama dengan sayuran dan buah yang ditanam pada tanah.

Seledri


Di media air seledri adalah salah satu tanaman yang paling cocok . Jika kalian ingin menanam seledri sistem yang di gunakan adalah rakit apaung. Seperti kangkung, seledri sudah bisa dipanen dalam waktu 4-6 minggu. Pemanenan bisa d iulang setiap 5-6 hari sekali. Caranya, cabut seledri dari wadah yang di gunakan. Lalu pisahkan anakan seledri untuk ditanam kembali.

Bayam

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang di gemari banyak orang. Hal ini karena beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada pada bayam. Seperti kalium, magnesium, dan vitamin K, B6, B9, dan E. Mengonsumsi bayam dapat bermanfaat bagi kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, membantu mencegah kanker, dan menurunkan tingkat tekanan darah. Tak salah kalau sayur bayam banyak di budidayakan, terlebih juga masa panennya cukup cepat. Menanam sayur bayam dengan hidroponik ini bisa di lakukan 25-30 hari setelah ditanam, kemudian bertahap 5 hari sekali.

Mentimun

Semua jenis mentimun dapat di tanam dan tumbuh dengan baik melalui sistem hidroponik. Mentimun memerlukan pengairan dengan tingkat kadar pH sekitar 5.5-6.0. Kebutuhan tanaman mentimun yaitu suhu yang panas sehingga Anda perlu memastikan kondisi kestabilan suhu yang panas.

Pada awal pertumbuhan tanaman, nutrisi tanaman timun dapat terpenuhi dari air biasa. Selanjutnya selama satu minggu sekali pengairan perlu dipantau dan di beri nutrisi tambahan dengan peningkatan dosis sesuai usia tanaman.

Selada

Jenis jenis tanaman hidroponik selanjutnya yakni selada. Selada memiliki masa panen yang lebih lama apabila di bandingkan dengan masa panen pada lahan konvensional.

Keuntungan menanam selada secara hidroponik yaitu perawatannya yang mudah serta dapat tumbuh dengan berbagai sistem hidroponik sehingga cocok dicoba bagi petani hidroponik pemula. Selada dapat tumbuh di negara tropis dengan daerah dengan suhu yang lebih dingin serta pH air antara 6.0-7.0.