5 Contoh Tanaman Hidroponik Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula

tanaman hidroponik rumahan

Budidaya tumbuhan dengan cara hidroponik saat ini semakin banyak dilakukan orang karena caranya yang mudah. Selain mudah dan tidak memakan tempat banyak, jenis tanaman yang dapat dikembangkan dengan cara ini juga bervariasi. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan bisa ditanam dengan cara hidroponik di rumah.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menanam tanaman hidroponik rumahan. Kamu bisa melihat contoh tanaman dibawah ini karena saya akan memberi tahu kepada kalian contoh tanaman hidroponik yang cocok ditanam di rumah.

1.Tanaman Hidroponik Kailan

Kalian sudah pernah mendengar belum dengan sayuran yang bernama Kailan? Jika direstoran, kailan yang masih kecil sering menjadi masakan andalan. Rasanya enak sebab memiliki tekstur yang renyah dan lembut, selain itu kailan juga bisa dibudidayakan sebagai tanaman hidroponik.

Media tanam yang digunakan juga bisa apa saja, misalnya botol bekas, gelas air mineral atau pun pipa paralon berukuran besar.

2.Selada Segar

Selada merupakan salah satu sayuran yang menyehatkan, sayuran ini mudah untuk ditanam dan cepat tumbuh, itulah mengapa selada cocok untuk ditanam dengan sistem hidroponik yang simpel.

Meskipun ditanam dengan media yang simpel, hasil dari selada yang dipanen sangat berkualitas dan enak. Umumnya, bibit selada akan mulai tumbuh setelah dua minggu penanaman.

3.Pakcoy

Pakcoy atau yang biasa disebut dengan Bok choy juga menjadi salah satu tanaman hijau favorit yang dapat ditanam dengan cara hidroponik. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin dan mineral.

Untuk membudidayakan tanaman ini dirumah juga mudah, saat musim panen tiba kamu tinggal mengambilnya dari kebun.

4.Kangkung Hidroponik

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang umum dikonsumsi masyarakat indonesia, selain memiliki rasa yang enak, nutrisi yang terkandung didalam kandung juga baik untuk tubuh.

Maka dari itu, petani jaman sekarang suka membudidayakan kangkung dalam jumlah besar menjadi tanaman hidroponik.

5.Stroberi

Selain sayuran, kita juga bisa menanam buah-buahan dengan cara hidroponik lho, salah satunya adalah stroberi. Salah satu jenis buah yang menyehatkan ini bisa kamu tanam dirumah menggunakan sistem hidroponik.

Buah ini mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh, selain itu ada yang menyebutkan jika mengembangkan stroberi dengan cara hidroponik maka dapat menghasilkan buah yang lebih banyak.

Nah, itu dia 5 contoh tanaman hidroponik rumahan yang bisa kamu budidayakan dengan mudah dirumah sendiri.

admhidrop